Bulan: April 2016

Selamat kepada Pemerintah Kota Probolinggo atas diraihnya penghargaan Parasamnya Purna Karya Nugraha Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Kota Probolinggo Sabet Parasamya Purnakarya Nugraha

Selamat kepada Pemerintah Kota Probolinggo atas diraihnya penghargaan :
Parasamnya Purna Karya Nugraha
Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Daftar koleksi penghargaan Kota Probolinggo kembali bertambah. Hari ini, Wali Kota Rukmini diagendakan menerima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah  pusat atas kinerja daerah baik provinsi serta kota/kabupaten.

Penilaiannya berdasarkan Laporan Pelaksanaan Pembangunan Daerah (LPPD). Kemarin, rombongan Pemkot Probolinggo telah melakukan gladi bersih di Kabupaten Kulon Progo. “Besok (hari ini) penghargaannya  diberikan kepada wali kota di Kulon Progo, Jogjakarta. Yang menyerahkan rencananya Wakil  Presiden Jusuf Kalla,” ujar Nanang Agus Santoso, kabag pemerintahan Pemkot Probolinggo.

Tidak semua daerah bisa mendapatkan penghargaan itu. Hanya kota/ kabupaten yang mampu mendapatkan penilaian terbaik kinerja daerah secara berturut-turut  yang bisa mendapatkannya. Pada tahun ini hanya 1 provinsi yaitu Jawa Barat, 1Kabupaten yaitu untuk Pemerintah Kabupaten Pasaman, serta 2 Kota yaitu Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah kota Probolinggo. Penghargaan ini begitu bergengsi sehingga tidak setiap kota atau kabupaten bisa meraihnya secara mudah. Sedangkan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha adalah merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden dalam hal pengelolaan manajemen pemerintahan. Tahun ini Berdasarkan Keputusan presiden No 20 tahun 2016 tertanggal 15 April 2016, penerima Parasamya Purnakarya Nugraha pertama adalah Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Kasaman, Kota Probolinggo dan Kota Semarang.

“Kalau Kota Probolinggo, mendapatkan penghargaan ini karena selama 3 tahun, yakni 2012, 2013, dan 2014 mendapatkan penilaian yang baik atas kinerja daerahnya. Bahkan, masuk 10 besar tingkat nasional untuk penilaian LPPD,” jelasnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Bagian Pemerintahan, pada 2012 Kota Probolinggo mendapatkan peringkat 4 Nasional Kinerja Pemerintah tingkat kota/kabupaten. Pada tahun 2013 dan 2014 mendapatkan peringkat 3 untuk penilaian yang sama.

“2015 ini belum dihitung, karena penilaiannya masih belum. Penilaian harus berturut-turut. Kalau 2 tahun masuk penilaian tingkat nasional dan tahun ke 3 tidak, maka tidak bisa mendapatkan penghargaan ini,” jelasnya.

Ada beberapa aspek yang dinilai oleh tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Yakni, kegiatan pembangunan di daerah, infrastruktur, serta inovasi daerah. “Sudah 2 kali dilakukan evaluasi oleh tim dari Kemendagri. Sebelum akhirnya mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya.

Nanang mengungkapkan, penilaian kinerja pemerintah Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan tertinggi  untuk penilaian kinerja daerah. “Kalau dalam bidang lingkungan hidup seperti Adipura Kencana,” jelasnya. (radar)

 

Categories: Uncategorized