Bulan: Agustus 2015

Jokowi Harus Pilih Menteri yang Bersih, Cerdas, dan Berani

No Comments

Jokowi Harus Pilih Menteri yang Bersih, Cerdas, dan Berani

Jakarta – Isu reshuffle berhembus kencang. Sejumlah nama-nama baru muncul menjadi calon menteri. Namun menurut pengamat politik UGM Arie Sudjito, Jokowi harus memilih menteri yang bisa bekerja.

“Memilih menteri yang bersih, cerdas, dan berani membuat gebrakan sehingga menjadi nahkoda di kementerian,” terang Arie, Rabu (12/8/2015).

“Menteri jangan penakut dikendalikan birokrasi yang warisan masa lalu. Baik dari profesional atau politisi asal memenuhi kriteria tadi pasti akan mampu membantu presiden,” tambahnya.

Arie memberi sejumlah catatan, situasi ekonomi dan politk membutuhkan menteri yang mampu mengendalikan kerja kementrian secara efektif.

“Misalnya peran Menkopolhukam yang strategis tetapi selama ini ternyata kedodoran dan bahkan melahirkan kontroversi sehingga kontraproduktif membenani Presiden Jokowi, wajar kemungkinan besar Menko Polhukam di-reshuffle,” terang dia.

Arie melanjutkan, demikian pula dengan kendali ekonomi makro, kecenderungan ekonomi belum bangkit bahkan terpuruk membutuhkan Menko yang kuat cerdas mengambil langkah strategis penyelamatan ekonomi Indonesia yang juga mampu memobilisasi lintas kementrian.

“Kemungkinan Menko Perekonomian juga akan diganti dan itu sangat beralasan. Hal krusial lainnya adalah agenda pembangunan maritim sebagai simbol kebaruan pemerintahan Jokowi di bidang maritim tetapi sejauh ini tidak ada gebrakan berarti dari Menko Maritim,” urai dia.

Arie juga memberi ancer-ancer, mengenai sosok yang pengganti. Menurut dia, selain sosok bersih, cerdas, dan berani yang utama tidak kontroversial.

“Sebaiknya jangan memilih figur kontroversial. Jokowi harus memilih menteri yang bisa membantu presiden bukan membebani presiden. Reshuffle keharusan. Perubahan adalah keniscayaan untk kepentingan bangsa,” tutup dia.
(imk/dra)fb3beea5-e316-4000-983f-795752c8893b_169

Categories: Uncategorized